5 Bahan Pertimbangan Sebelum Berangkat Jadi TKI

Admin,
13 Januari 2022 - 22:43

Kisah sukses TKI yang bekerja di luar negeri menjadi iming-iming mereka yang belum memiliki penghasilan tetap atau bahkan kurang. Indonesia merupakan salah satu negara yang mengirimkan banyak tenaga kerjanya ke luar negeri seperti Malaysia, Hong Kong, Taiwan hingga Arab Saudi sebagai tujuan kerja sama.

Tidak sedikit pula tindak penyelewengan yang terjadi, sehingga merugikan pihak TKI itu sendiri. Sebagian pula ada yang berhasil dan menginspirasi, maka menjadi contoh bagi yang lain. Dengan pertimbangan gaji yang lebih dari cukup di sana, para calon tenaga kerja makin antusias untuk bekerja di luar negeri.

Tapi sebelum itu, ketahui dulu apabila ingin bekerja di negara asing. Simak ulasannya berikut ini!

  • Diskusikan bersama keluarga

Menjadi tenaga kerja di negeri asing bukanlah hal mudah. Selain disibukkan dengan seabrek pekerjaan, Anda juga akan dihadapkan oleh beberapa hal mulai dari lingkungan, sosial, budaya, atau bahkan majikan. Cerita sukses bukan tanpa perjuangan, maka dari itu sebelum mantap memutuskan, sebaiknya diskusikan banyak hal bersama keluarga.

  • Perluas skill

Beberapa rumah atau perusahaan di luar negeri mematok syarat-syarat tertentu untuk calon tenaga kerjanya. Mereka yang memiliki skill pas-pasan besar kemungkinan sulit dilirik. Guna keberhasilan nanti, perluas kemampuan dengan mengikuti les keterampilan di lembaga. Akan lebih baik bila bisa menguasai bahasa lokal dari negara tujuan.

  • Periksa dokumen resmi

Bekerja di luar negeri bukanlah hal main-main. Calon TKI harus mempersiapkan seabrek dokumen resmi, dan yang paling penting yakni visa dan paspor. Pastikan agar semuanya dilengkapi dan mengikuti prosedur dari lembaga resmi. Sebab ini juga dapat menjamin keamanan sebagai tenaga kerja asing.

  • Persiapkan biaya

Mereka yang pulang membawa keberhasilan, dulunya juga membutuhkan biaya tidak sedikit untuk bisa sampai di negeri orang. Guna melengkapi dokumen dan biaya perjalanan, calon tenaga kerja menggunakan uang pribadi.

Terlebih satu bulan di sana, Anda juga belum berpenghasilan bukan? Oleh sebab itu, persiapkan biaya pribadi untuk kepengurusan administrasi, biaya sehari-hari dan lain-lain.  

  • Persiapan mental

Indonesia dan luar negeri memiliki perbedaan yang signifikan, baik dari segi iklim, soaial, budaya, lingkungan hingga bahasa. Poin-poin ini yang akan ditemui bila menjadi tenaga kerja asing. Culture shock sering kali menjadi masalah utama bagi mereka yang pertama kali datang ke tempat lain.

Sebaiknya, cari tahu informasi seputar negara tujuan. Lalu pelajari bagaimana kondisi kota dan apa yang semestinya dilakukan sebagai orang asing. Mental juga perlu dipersiapkan untuk menambah kemantapan.

 

Menjadi tenaga kerja asing membutuhkan banyak persiapan. Baik dari segi skill hingga mental. Namun demikian, jangan pernah menyerah untuk keberhasilan, ya.  

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp